Review Axioo HYPE 5 AMD: Laptop Rp 4 jutaan Stylish dan Kencang

Axioo HYPE 5 membawa spesifikasi kencang di kelas harga terjangkau. Saat digunakan, laptop ini terasa nyaman berkat performanya yang jauh di atas laptop lain di kelas harga serupa.
Review Axioo HYPE 5 AMD: Laptop Rp 4 jutaan Stylish dan Kencang

Tak berhenti menawarkan laptop untuk berbagai macam kelas dan kalangan, kini Axioo menghadirkan Axioo HYPE AMD series dengan processor AMD Ryzen. Terdapat dua varian yakni HYPE 5 dengan AMD Ryzen 5, dan HYPE 7 dengan AMD Ryzen 7. Keduanya menyasar kalangan muda-mudi yang mendambakan spek laptop tinggi dengan harga terjangkau.

Saya berkesempatan menjajal Axioo HYPE 5 AMD dengan processor AMD Ryzen 5 5500u. Varian ini hadir dalam harga yang sangat atraktif – mulai dari Rp 4.999.000 saja untuk kapasitas 8/256GB dengan OS DOS (belum terinstal Windows 11). Unit yang saya gunakan berkapasitas memori 8/256GB dengan OS Windows 11 yang telah terinstal sejak dikeluarkan dari dus.

Setelah menggunakannya selama beberapa pekan, saya rasa Axioo HYPE 5 AMD bisa jadi laptop dengan fitur dan spesifikasi yang mumpuni untuk anak muda maupun pekerja kantoran, dengan harga yang ramah dompet. Berikut ulasan lengkap mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga pengalaman pemakaian laptop ini untuk berkegiatan sehari-hari.

Desain

Impresi awal saya ketika melihat desain Axioo HYPE 5 AMD secara keseluruhan terbilang positif. Desainnya minimalis dengan balutan warna navy blue yang membuatnya tampil elegan. Tersedia pula warna grey yang lebih kalem. Tidak mewah, namun tidak juga murahan – terlihat sesuai dengan banderol harganya.

Bahan pada bagian lid dan bodi masih menggunakan plastik dengan kualitas yang biasa saja. Belum bisa dibuka dengan satu tangan, namun dapat dibuka hingga 180 derajat – berguna saat laptop digunakan untuk presentasi. Bagian bawah laptop sendiri juga berbahan plastik sewarna bodi yang sama dengan bagian lainnya. Terdapat lubang ventilasi yang memadai untuk menjaga sirkulasi udara dan pendingin tetap optimal.

Berkat penggunaan bahan yang mayoritas plastik, bobot Axioo HYPE 5 AMD terbilang ringan – 1.4 kilogram saja. Begitu pula dengan ketipisannya yang sudah lumayan tipis di 19.4 mm. Permukaan bodinya tidak ada yang berbahan glossy, sehingga mudah menjaganya dari sidik jari yang biasanya menempel pada bodi.

Secara keseluruhan, Axioo HYPE 5 AMD sudah bisa dikatakan cukup baik di sektor ini. Sedikit keluhan hanya pada bahan plastik pada bodi yang berkualitas biasa saja, sesuai dengan harganya yang terjangkau. Engsel juga terbilang solid, dan rasa saat menutup layar lumayan premium – mekanisme engselnya seperti terdiri dari dua langkah.

Layar

Di kelas laptop Rp 4-5 jutaan, bagian layar biasanya datang dengan spesifikasi seadanya. Layar Axioo HYPE 5 AMD sendiri sudah cukup baik, menggunakan panel IPS beresolusi full HD 1080p. Namun lainnya tergolong standar saja, di mana keempat sisi bezel-nya bukan yang paling tipis, serta rasio layar yang masih standar 16:9. Punya refresh rate 60Hz, dan belum mencakup 100% sRGB.

Setelah saya gunakan sehari-hari, kualitas panel IPS di Axioo HYPE 5 AMD mirip seperti panel IPS-level. Sudut pandang lebih lebar dari TN panel, namun masih terjadi color shifting kala dilihat dari samping dan kualitas warnanya belum benar-benar akurat. Warna putih cenderung dingin, harus di-kalibrasi ulang via menu Calibrate Display di Windows agar lebih netral. Walaupun begitu, permukaan anti-glare dan tingkat kecerahan layar yang baik membuatnya nyaman digunakan di luar ruangan.

Selayaknya kompetitor lain di kelas harga serupa, layar laptop ini kurang cocok bagi Gizmo friends yang banyak menggunakan laptop untuk edit foto, video, atau membuat konten yang membutuhkan tingkat akurasi layar tinggi. Namun, sudah cukup nyaman untuk digunakan bekerja seharian atau menonton series favorit. Saya sendiri merasa cukup puas dengan kualitasnya, mengingat banderol harga yang terjangkau.

Port & Konektivitas

Berukuran cukup tipis, Axioo HYPE 5 AMD tetap membawa pilihan port yang lengkap. Di sisi kiri, secara berurutan terdapat port DC-in untuk charging, USB-A 3.0, HDMI, USB-C (juga bisa digunakan untuk charging), dan lampu indikator charging. Dua pilihan port untuk charging. saya rasa menarik – memberikan fleksibilitas lebih pada pengguna.

Sementara di seberangnya, terdapat MicroSD card slot, dua port USB-A, dan Kensington lock. Saya rasa, tiga port USB-A yang ada di laptop ini dapat menjadi poin plus dan minus. Plus, karena akan sangat memudahkan pengguna yang masih banyak menggunakan aksesoris dengan port USB-A, dan minus karena hanya tersedia satu port USB-C yang menjadikan laptop ini kurang praktis untuk pengguna yang banyak mengandalkan aksesoris dengan konektor USB-C.

Keyboard Axioo HYPE 5 AMD memiliki keyboard berdesain chiclet yang bentuknya mengingatkan saya pada keyboard laptop Lenovo. Rasanya juga seperti laptop Lenovo. Berukuran besar, empuk, dan dilengkapi oleh tombol navigasi empat arah full-size yang terasa sangat nyaman. Belum lagi, di sisi paling kanan terdapat tombol tambahan seperti page up/down, home hingga end dengan ukuran full-size. Mengetik dengan laptop ini, saya rasa cukup nyaman. Backlit turut tersedia dan kecerahannya dapat diatur sebanyak dua level.

Poin minus laptop ini, ada pada touchpad. Sebetulnya responnya baik-baik saja, namun permukaannya terasa murahan kala bersentuhan dengan jari tangan. Rasa saat klik kiri dan kanan juga kurang nyaman karena keras. Penggunaan wireless mouse sangat direkomendasikan agar navigasi menjadi lebih nyaman.

Fitur Lainnya

Perhatian saya tertuju pada webcam yang berada di bezel atas Axioo HYPE 5 AMD. Ia terintegrasi dengan shutter khusus yang bisa menutup sensor secara fisik, mengingatkan saya pada laptop bisnis. Kameranya sendiri beresolusi 2MP dengan perekaman video maksimal di resolusi 720p. Kualitasnya sudah cukup baik bila dibandingkan beberapa laptop murah di pasaran, namun belum bisa diandalkan di ruangan dengan pencahayaan minimal.

Di sisi audio, ada dua speaker stereo yang menghadap ke bawah dan diletakkan di bagian sisi kiri dan kanan laptop. Kualitasnya saya rasa belum memuaskan, volumenya kurang besar dan suaranya tidak berbobot. Sangat disarankan untuk menggunakan perangkat audio tambahan karena speaker bawaan laptop ini kurang oke. Untungnya, mikrofon sudah cukup baik untuk meredam noise di sekitar saat digunakan di ruang publik yang ramai.

Varian Axioo HYPE 5 AMD yang saya gunakan telah menggunakan lisensi Windows 11 Pro. Agak tidak biasa di laptop kelas ini, biasanya menggunakan Windows 11 Home. Sayangnya, laptop ini belum dilengkapi dengan lisensi Microsoft Office. Tersedia Libre Office dengan fungsi dasar sama yang siap pakai, namun biasanya pengguna akan lebih nyaman dengan ekosistem Microsoft Office.

Sektor keamanan di Axioo HYPE 5 AMD tidak spesial, mengingat sensor sidik jari maupun IR camera belum tersedia. Untuk mengunci laptop, hanya dapat dengan cara mengaktifkan PIN atau password saja. Sangat wajar, mengingat banderol harga yang terjangkau.

Performa

Urusan performa, Axioo HYPE 5 AMD punya nilai jual utama untuk kelas harganya di bagian ini. Bagaimana tidak, laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5-5500U dengan clockspeed 2,1 GHz (frekuensi boost hingga 4 GHz). dan pengolah grafis (GPU) terintegrasi AMD Radeon RX Vega 7. Walaupun Ryzen 5-5500u bukan keluaran terbaru (rilis Januari 2021), namun performanya masih sangat andal bila dibandingkan dengan chipset laptop Rp 4-5 jutaan pada umumnya – sekelas dengan Intel Core i5 11th gen yang juga masih terbilang mumpuni.

Konfigurasi memori juga masih dapat di-upgrade sesuka pengguna. RAM menggunakan 8GB dengan konfigurasi single channel, dapat ditambahkan hingg 64GB dengan konfigurasi dual channel (dua keping, masing-masing 32GB). Penyimpanan internal menggunakan SSD NVme berkapasitas 256GB, masih dapat diupgrade sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk kecepatan SSD, terbilang standar – sudah cukup cepat namun bukan yang paling kencang di kelasnya.

Saat digunakan sehari-hari, performa Axioo HYPE 5 AMD terbilang menyenangkan. Ryzen 5 5500u mampu mengimbangi aplikasi harian dan multitasking tanpa lag. Membuka Chrome dengan 15 tab sambil menulis di Word 2019, membuka data di Excel 2019, dan mendengarkan lagu dengan Spotify dapat dilakukan tanpa kendala. Digunakan untuk kebutuhan yang lebih berat seperti edit foto dengan Adobe Photoshop CC 2019 atau video beresolusi 4K 30fps dengan Adobe Premiere CC 2019 juga terasa ringan – walau akan lebih baik lagi bila RAM 8GB-nya ditambah menjadi 16GB.

Bagaimana bila digunakan untuk bermain game? Walaupun bukan peruntukannya, tetapi saya cukup kaget saat mencoba Axioo HYPE 5 AMD ini untuk bermain Forza Horizon 4, game balap mobil yang cukup berat. Ia dapat menjalankannya dengan settingan very low dengan resolusi 1366 x 768 dan mendapatkan fps yang nyaman di 35-42fps. Pengujian dilakukan dengan RAM bawaan yang berkapasitas 8GB single channel. Angka tersebut bisa lebih baik lagi bila RAM di-upgrade menjadi minimal 16GB dengan konfigurasi dual channel – sangat efektif mendongkrak performa GPU di platform Ryzen.

Baterai

Daya tahan baterai Axioo HYPE 5 AMD terbilang sangat memuaskan. Dalam penggunaan saya selama bekerja seharian, ia dapat bertahan minimal 8 jam sampai baterai tersisa 10%. Bahkan, baterai dapat bertahan hingga 10 jam dengan penggunaan yang lebih ringan seperti hanya mengetik di Word sambil mendengarkan lagu. Menonton YouTube dengan resolusi 1080p 30fps dapat dilakukan selama 6 jam penuh. Bermain Forza Horizon 4 dengan baterai, laptop dapat menyala selama 1 jam 40 menit.

Kala baterai habis, pengisian daya dapat dilakukan dengan adaptor bawaan yang berkapasitas 65w. Bila malas membawa adaptor bawaan, kamu dapat mengisi daya laptop ini dengan charger USB-C minimal 45w. Saya sendiri lebih senang mengisinya dengan charger USB-C, karena lebih praktis dan tidak perlu membawa adaptor bawaan yang model colokannya khusus – walau jadi tidak bisa menggunakan port USB-C kala laptop sedang dicas.

Kesimpulan

Bawa spesifikasi tinggi di harga yang terjangkau (mulai dari Rp 4.999.000 saja!), Axioo HYPE 5 AMD adalah laptop yang menurut saya menarik untuk dibeli dan saya rekomendasikan bagi Gizmo friends yang mencari laptop kencang dengan harga terjangkau. Saat menggunakannya, performa terasa gegas dan daya tahan baterai sangat bisa diandalkan. Suhu terjaga dengan baik, laptop jarang terasa panas. Keyboardnya nyaman, dan bobotnya tidak berat.

Kekurangan saya rasakan pada touchpad yang klik-nya terasa keras, dan speaker yang kurang bagus. Selain itu, layar yang digunakan belum bisa dibilang berkualitas untuk kelas panel IPS – terasa lebih seperti TN panel yang berkualitas baik. Sejumlah kekurangan tersebut umum ditemukan di laptop dengan banderol harga terjangkau, dan tetap terkompensasi dengan baik oleh kelebihan yang ada di Axioo HYPE 5 AMD.

Sedikit catatan, ada pada durabilitas laptop Axioo keluaran beberapa tahun terakhir untuk pemakaian jangka panjang. Biasanya, baterai bocor dan keyboard yang tidak mau berfungsi kerap menjadi masalah. Saat pengujian laptop ini, saya rasa kualitasnya sudah membaik dibandingkan model-model sebelumnya – rasanya sudah cukup menjanjikan untuk digunakan dalam jangka waktu lama.

Spesifikasi Axioo HYPE 5 AMD

Axioo HYPE 5

General

Device TypeLaptop
Model / SeriesAxioo HYPE 5 AMD
Released31 January, 2024
StatusAvailable
PriceRp 4.999.000 (8/256GB, DOS)

Platform

ProcessorRyzen 5-5500U
VGA (Graphic Card)Radeon RX Vega 7
RAM (Memory)8GB DDR4 3200MHz (up to 64GB)
Storage256GB M.2 NVMe™ PCIe® Gen 4x4 SSD
Operating SystemWindows 11 Pro

Body

Dimensions322 x 206 x 19,4 mm, 1.41 kg
Display14”, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS anti-glare panel
Battery45.60WHrs, 65W charger

Connectivity

Webcam2MP camera
Bluetooth Bluetooth 5.1
Wi-fiWi-Fi ac/b/g/n
NFC
I/O Interface1x USB 2.0 Type A port
1x USB 3.0 Type A ports
1x USB 3.0 Type C port (Full Function: Data, Power, Video)
1x 3.5mm 2-in-1 Audio Combo Jack
1x HDMI 1.4 output port
1x DC-in jack port
1x MicroSD Card Port (Up to 512GB)

Other

AudioDual stereo speakers
FeaturesWarna: Blue, Grey
58
Review Axioo HYPE 5 AMD: Laptop Rp 4 jutaan Stylish dan Kencang
Review Axioo HYPE 5 AMD: Laptop Rp 4 jutaan Stylish dan Kencang
Tak berhenti menawarkan laptop untuk berbagai macam kelas dan kalangan, kini Axioo menghadirkan Axioo HYPE AMD series dengan processor AMD Ryzen. Terdapat dua varian yakni HYPE 5 dengan AMD Ryzen …
Share to other apps:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Your email address will not be published.

CAPTCHA