Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Selain desain yang naik kelas dan pengisian daya cepat, realme C65 membawa banyak sekali fitur yang bermanfaat dan tidak sekadar gimmick. Hadir dengan jaminan masa pakai baterai terlama di segmen harganya.
Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Segmen smartphone terjangkau memang selalu menggoda bagi para konsumen, sehingga wajar bila akan selalu ada peluncuran produk terbaru yang menawarkan kelebihan beragam. Mengawali bulan Mei 2024, realme Indonesia menghadirkan realme C65. Tampil dalam kemasan yang menyerupai flagship, kaya akan fitur-fitur ekstra yang bermanfaat.

Selain “berperang” lewat spesifikasi di atas kertas, cara lain untuk memenangkan hati para konsumen adalah dengan memberikan hal-hal yang bisa mempermudah kegiatan atau aktivitas para penggunanya. Poin ini nampaknya menjadi sesuatu yang ingin disasar oleh realme lewat kehadiran realme C Series terbarunya—bahkan untuk pertama kalinya membawa fitur AI Boost, sampai lebih dari satu sertifikasi dari TUV.

Berani memberikan jaminan kelancaran kinerja perangkat dalam jangka waktu lama, menurut saya bakal menjadi salah satu nilai jual yang menarik, terutama ketika hal ini hadir di smartphone terjangkau. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak review realme C65 secara lengkap berikut ini.

Desain

Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Tampil jauh berbeda dari generasi sebelumnya, desain realme C65 membuatnya terlihat lebih mewah dan menyerupai kelas flagship. Terlihat dari desain kamera belakang serta efek khusus pada permukaan bodi belakangnya. Tidak hanya stylish, juga dirancang lebih awet dan aman untuk beragam skenario penggunaan.

Profil smartphone ini tergolong sangat ramping, memiliki ketebalan hanya 7,64mm, membuatnya mudah untuk masuk ke dalam beragam ukuran kantong maupun saku celana. Bobot 185 gram juga membuat penggunaan lebih nyaman. Bodi belakangnya mengusung Shining Starlight Design terbaru dengan bahasa desain ala smartphone flagship.

Lewat sejumlah proses yang kompleks, back cover realme C65 terlihat seolah memiliki banyak bintang yang sedang bersinar, dapat berubah-ubah mengikuti sumber cahaya di sekitar. Walau terlihat berkilau, permukaannya mampu menyembunyikan bekas sidik jari secara cukup efektif. Jadi tetap bersih meski tanpa menggunakan case.

Modul kamera belakang yang stylish juga tidak begitu menonjol, sehingga masih relatif stabil ketika diletakkan di permukaan seperti meja. Bagaimana dengan daya tahannya? realme C65 telah berhasil melalui sejumlah pengujian internal, termasuk tes squeeze 1000 kali dengan beban 25kg.

Sertifikasi IP54 juga membuat realme C65 tetap aman digunakan meski terkena debu maupun cipratan air—dipasangkan dengan teknologi layar khusus, smartphone ini masih bisa dioperasikan secara normal walau dalam kondisi hujan gerimis sekalipun.

Layar

Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Punya dimensi yang cukup luas di 6,67 inci, layar realme C65 beresolusi HD+ dengan refresh rate maksimum 90Hz dan mendukung kecerahan hingga 625 nits. Di atas kertas memang tergolong standar—setidaknya resolusi tersebut dapat membantu meringankan performa chipset. Refresh rate-nya pun bersifat adaptif 60-90Hz.

Reproduksi warnanya sudah cukup akurat, dan secara default mengikuti acuan standar warna DCI-P3. Namun kita dapat mengubah saturasi warna layar menjadi lebih natural, maupun temperatur warna melalui menu Settings. Ada pula fitur Adaptive Sleep yang memastikan agar layar tetap menyala ketika pengguna sedang memandangnya, memanfaatkan kamera depan.

Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Agar pengguna tidak mudah lelah, layar realme C65 juga sudah mendapatkan sertifikasi minim emisi cahaya biru dari TUV, sehingga aman digunakan dalam waktu yang lama. Tak hanya itu, masih ada dua poin spesial lainnya, yakni Rainwater Smart Touch, serta Air Gestures.

Skenario yang bisa dimanfaatkan, adalah ketika tangan sedang kotor dan kamu ingin menjawab panggilan masuk. Cukup lakukan gerakan swipe, dan panggilan otomatis terjawab dengan mode loudspeaker, sehingga realme C65 tidak kotor. Fitur ini optimal di keadaan pencahayaan berlimpah.

Sesuai namanya, Rainwater Smart Touch memungkinkan kamu untuk tetap bernavigasi dengan konten di layar realme C65 meski dalam keadaan hujan gerimis atau tahan yang sedang basah, berkat kemampuan IC sentuh pada layarnya. Sementara Air Gestures memungkinkan kamu untuk bernavigasi di sejumlah aplikasi populer, hanya dengan menunjukkan gestur tangan ke kamera depan smartphone tanpa harus menyentuhnya secara langsung.

Kamera

Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Sensor utama pada kamera realme C65 beresolusi 50MP f/1.8, dipasangkan bersama flicker sensor. Sementara di depan, terdapat kamera selfie beresolusi 8MP f/2.0 dengan sudut pandang cukup lebar.

Fitur kamera realme C65 sendiri cukup lengkap. Mulai dari pengambilan gambar dalam resolusi penuh 50MP, pilihan watermark kekinian, sampai Street Mode dengan filter eksklusif dan mode fokus manual (focus peaking) ala kamera profesional. Lalu bagaimana dengan kualitas gambarnya?

Singkatnya, kualitas gambar dari kamera realme C65 sudah sangat cukup untuk dibagikan ke media sosial. Reproduksi warnanya tergolong natural meski beberapa kali menjadi sedikit lebih hangat pada pencahayaan indoor. Mode malamnya juga bisa dimanfaatkan untuk menambah detail dan mengurangi noise—namun harus sedikit sabar karena proses pengambilan membutuhkan waktu 3 detik.

Yang menurut saya cukup unik, realme memberikan pintasan tombol 2x zoom dan 5x zoom. Tentunya kedua rentang pembesaran tersebut merupakan digital zoom, dengan kualitas yang pasti menurun. Asal digunakan dalam kondisi pencahayaan berlimpah, boleh-boleh saja untuk digunakan dalam mempermudah pengambilan objek.

Kualitas perekaman video pada kamera realme C65 juga tergolong standar, sayangnya belum didukung oleh EIS. Resolusi yang didukung adalah 1080p 30fps dan 720p 30fps, berlaku baik untuk kamera depan maupun kamera belakang.

Yang menurut saya bisa dimaksimalkan potensinya, adalah dengan menggunakan mode Movie. Dalam mode ini, kamu bisa mengubah parameter manual seperti ISO dan shutter speed, bahkan saat perekaman berlangsung, dalam video dengan rasio 21:9 alias rasio sinematik.

Fitur

Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Tampilan antarmuka realme C65 sudah menggunakan realme UI 5.0 terbaru berbasis Android 14. Fiturnya tergolong lengkap khas smartphone realme lainnya, namun ada beberapa fitur menarik yang membuatnya lebih nyaman untuk menemani hari-hari penggunanya. Apa saja?

Mini Capsule 2.0 turut hadir ke realme C65, mampu memberikan sejumlah notifikasi yang lebih interaktif, termasuk mengendalikan musik yang sedang diputar. Dynamic Button juga memungkinkan tombol power untuk berfungsi sebagai pintasan cepat, bisa untuk menyalakan lampu senter, akses kamera dan lainnya. Lalu ada pintasan untuk scan QR code menggunakan kamera, hanya dengan mengetuk bodi belakang smartphone sebanyak dua kali.

Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Riding Mode memang bukan sesuatu yang benar-benar baru, namun bisa dimanfaatkan ketika sedang berkendara. Saat diaktifkan, notifikasi otomatis tersenyapkan dengan Do Not Disturb aktif, serta fitur Find My dibuat aktif agar ketika hal yang tidak terjadi diinginkan (smartphone terjatuh saat di jalan, misalnya), pemilik bisa mencari lokasinya dengan mudah.

Antena pada smartphone memiliki letak yang dirancang lebih sensitif, ditambah dukungan multi mode, memastikan realme C65 bisa selalu tersambung ke jaringan. Setup speaker mono pada sisi bawah perangkat juga sudah mendukung mode volume 200%. Bisa diaktifkan saat perlu output suara sangat lantang, seperti ketika sedang berada di ruangan besar maupun luar ruangan.

Performa

Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Hadir sebagai smartphone terjangkau, performa realme C65 didukung oleh chipset yang bisa dibilang cukup matang umurnya, yakni Helio G85 octa-core dari MediaTek dengan clock speed maksimum 2GHz. Agar beban chipset lebih ringan, dipasangkan bersama RAM 8GB yang bisa digandakan sampai 16GB, memanfaatkan fitur Dynamic RAM Expansion.

Pihak realme mengklaim bila smartphone ini bisa jalankan hingga 21 aplikasi dalam waktu bersamaan. Sementara pada saat pengujian, realme C65 bisa digunakan untuk mengakses sejumlah aplikasi harian seperti messenger dan media sosial dengan relatif lancar. Terkadang membutuhkan waktu jeda, namun masih relatif singkat dan tak begitu mengganggu.

Menariknya, realme C65 berhasil mendapatkan peringkat kelancaran “A” dari TUV SUD, sebuah lembaga sertifikasi ternama yang tentunya tidak main-main dalam memberikan peringkat sejenis. Dengan begitu, smartphone ini memiliki performa yang aman untuk membuatnya tetap lancar untuk penggunaan hingga 4 tahun ke depan.

Tak hanya itu, masih ada dukungan dalam bentuk software, di mana realme C65 menjadi yang pertama dengan fitur AI Boost. Hanya dalam satu sentuhan, kamu bisa memaksimalkan performa realme C65 untuk aplikasi lebih responsif atau game lebih lancar. Suhu perangkat juga terjaga, tidak pernah panas sama sekali.

Baterai

Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Meski punya profil yang tergolong sangat ramping nan ringan, realme berhasil sematkan kapasitas baterai yang cukup besar yakni 5,000 mAh. Membuat daya tahan realme C65 bisa diandalkan untuk berbagai aktivitas, hingga dua hari penuh sekalipun.

Tidak hanya daya tahan saat digunakan, komponen baterainya sendiri dirancang spesial. Selain membawa sejumlah proteksi khusus pengisian daya, menariknya realme juga memberikan benefit pergantian baterai khusus sebagai jaminan ekstra hingga empat tahun penggunaan.

Benefit tersebut secara tidak langsung hadir sebagai bukti kalau baterai realme C65 dirancang pas untuk penggunaan jangka panjang, bahkan melebihi apa yang ditawarkan sejumlah flagship. Selain awet, pengisian daya realme C65 juga tergolong instan. Berkat adanya 45W SuperVOOC charger yang sudah termasuk ke dalam paket penjualannya.

Dalam waktu 30 menit saja, baterai realme C65 sudah bisa terisi sedikit melampaui 50%. Kombinasi yang menyenangkan demi memberikan pengalaman penggunaan terbaik.

Kesimpulan

Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial

Selain tampil dalam kemasan yang menarik, realme C65 membawa banyak fitur-fitur ekstra kecil yang sama sekali tidak terasa sebagai gimmick. Semuanya bisa dimanfaatkan dalam keseharian, dikombinasikan bersama aspek menarik lain seperti 45W SuperVOOC sampai NFC multifungsi untuk replikasi kartu akses.

realme C65 hadir sebagai smartphone terjangkau yang cocok bagi Gizmo friends yang sedang mencari perangkat dengan fitur palugada. Juga cocok untuk pengguna yang lebih dewasa dan mementingkan kemudahan penggunaan, serta daya tahan perangkat yang berstandar tinggi luar dalam.

Smartphone ini hadir di Indonesia dalam dua varian memori, dan dapat dimiliki melalui skema pre-order pada 2-8 Mei 2024. Selama masa pre-order, setiap pembelian realme C65, pelanggan bakal mendapatkan gratis realme Buds T100 dan kuota data Tri hingga 85GB/tahun. Untuk setiap pembelian realme C65 hingga 12 Mei 2024, pelanggan juga bakal mendapatkan gratis proteksi ganti baterai jika performa baterai di bawah 80% selama 4 tahun penggunaan.

Spesifikasi realme C65

realme C65

General

Device TypeSmartphone
Model / Seriesrealme C65
Released02 May, 2024
StatusAvailable
PriceRp2.399.000 (8/128), Rp2.799.000 (8/256)

Platform

ChipsetMediatek Helio G85 (12 nm)
CPUOcta-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52 MC2
RAM (Memory)8GB+8GB* LPDDR4X (Dynamic RAM)
Storage128GB/256GB eMMC 5.1
External StoragemicroSD up to 2TB (dedicated slot)
Operating SystemAndroid 14
User Interfacerealme UI 5.0

Design

Dimensions164.6 x 76.1 x 7.6 mm
Weight185 gram
Design FeaturesWarna: Starlight Purple, Starlight Black
Shining Starlight Design
Glass front, plastic frame, plastic back
IP54 dust and splash resistant
Battery5,000 mAh
45W SuperVOOC

Display

Screen TypeIPS capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution6.67 inch, 1604x720
Touch ScreenYes
Features90Hz refresh rate
180Hz touch sampling rate
91,4% screen to body ratio
500 nits max brightness

Network

Network FrequencyGSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed4G LTE

Camera

Multi CameraYes (Rear)
Rear50 MP, f/1.8, (wide), PDAF; 2 MP, f/2.4, (depth)
Front8MP f/2.0
FlashYes
Video1080P, 30fps; 720P, 30/960fps;
Camera FeaturesStreet Mode
Dynamic Image Snapshot (DIS)
50MP Mode
Night Mode
Movie Mode
Starry Mode
AI Color Portrait
Bokeh Flare Portrait

Connectivity

Wi-fiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type C
GPS GPS, aGPS, GLONASS, BDS
HDMINo
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features- MP4/H.264/FLAC player
- MP3/eAAC+/WAV player
- Document viewer
- Photo viewer/editor
FM RadioYes
Web Browser HTML5
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
OtherKelengkapan:
• Charger 45W SuperVOOC
• Kabel USB Tipe-C
• Protect Case
• Protect Film
• SIM Card Tool
• Buku Panduan
• Kartu Garansi
76
Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial
Review Realme C65: Tampil Stylish, Bawa Banyak Fitur Esensial
Segmen smartphone terjangkau memang selalu menggoda bagi para konsumen, sehingga wajar bila akan selalu ada peluncuran produk terbaru yang menawarkan kelebihan beragam. Mengawali bulan Mei 2024, realme Indonesia menghadirkan realme …
Share to other apps:
  • WhatsApp
  • Telegram
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Your email address will not be published.

CAPTCHA